ANALISIS IMPLEMENTASI TATAKELOLA MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKA (STUDI KASUS : SMK MULTAZAM GISTING)

Rita Irviani, Kasmi Kasmi

Abstract


Sasaran dan prasarana menjadi pendukung wajib bagi terselenggarnya Pendidikan yang baik dan efektif bagi Sekolah. Tatakelola Manajeman sarana dan prasarana menjadi suatu keharusan bagi kebrlangsungan Pendidikan di lingkungan sekolah. SMK Multazam Gisting merupakan sekolah mengah kejuruan dibawah Yayasan Pendidikan startech yang memiliki berbagai sarana dan prsarasan Pendidikan diwilayah Gisting Kabupaten Tanggamus. Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Multazam disusunlah manajeman sarana dan prasarana yang baik dan tersetruktur guna mengetahui sebarapa besaran peningkatan kualitsa dan mutu Pendidikan. Dari Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana serta pendukung proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pengolahan sarana dan prsarana didasarkan pada prosedur yang meliputi: perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. Implementasi manajemen sarana dan prasarana SMK Multazam Gisting sudah sangat baik  karena sarana dan prasarana merupakan fasilitas pendukung yang dapat menunjang proses kegiatan dalam organisasi apa saja termasuk yang dudalamnya adalah satuan pendidikan, Mutu pendidikan yang ada di SMK Multazam Gisting juga masuk kategori sangat baik,  sebagai acuan dengan   melihat hasil yang diperoleh penyebaran angket guru dan siswa dengan hasil yang sama sangat baik karena SMK Multazam Gisting menerapkan strategi peningkatan mutu pendidikan .


Keywords


Manajemen sarana dan prasarana, SMK Multazam, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Fauzi, R. I. (2018). Penagntar Manajeman. (Putri Chistian, Ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Halim, A. (2011). Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. IAIN Sumatera Utara.

Hidayah, S. N. (2018). Manajemen Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 2 Bandar Lampung. UIN Raeden Intan Lampung.

Ni’mah, B. (2009). Manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi di perguruan Islam Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati). IAIN Walisong.

Nurhidayah, S. (2016). Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidika Di Smk Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu. STIT Pringsewu.

Rizqi, A. A. (2017). Implementasi Branding Strategy Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Abdul Majir, 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. (1998), Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Leksy J. Meleong, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, 2009. Metode penelitian kuantitatif dan kuantitatif dan R & D. Bandung : CV. ALFABETA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 46 ayat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.