NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM INTEGRASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN ROKANIA

Safrudin Safrudin, Muslinayati Muslinayati

Abstract


Mewujudkan prilaku insan sesuai dengan 18 nilai pendidikan karakter dengan indikasi termuat di dalam Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional 2011 bukanlah hal mudah. Pada tingkatan mahasiswa penerapan ini dilakukan di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania. Pendidikan karakter pada perguruan tinggi dilakukan tidak dengan membentuk mata kuliah baru, akan tetapi dilakukan dengan mengintegrasikannya ke dalam mata kuliah yang sudah ada; seperti integrasi ke dalam pembelajaran mata kuliah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam hal ini peran dosen sebagai insan penular karakter yang baik mesti memberikan contoh kepada peserta didiknya yaitu mahasiswa. Harapannya adalah terbentuk prilaku mahasiswa sesuai dengan indikasi 18 nilai pendidikan karakter yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana gambaran wujud dari pengintegrasian 18 nilai pendidikan karakter di dalam pembelajaran mata kuliah IPS pada mahasiswa STKIP Rokania, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 216 sampel mahasiswa STKIP Rokania. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi 18 nilai pendidikan karakter di dalam pembelajaran mata kuliah IPS pada mahasiswa STKIP Rokania adalah Mulai Terlihat sebesar 46,05% selalu, 42,50% sering, dan 11,11% jarang; secara keseluruhan Mulai Terlihat sebesar 44,11%. Keadaan ini menunjukkan bahwa integrasi 18 pendidikan nilai karakter di dalam pembelajaran mata kuliah IPS pada mahasiswa STKIP Rokania sudah mulai terbentuk sebesar 44,11%; ditunjukkan dengan adanya tanda-tanda awal prilaku mahasiswa sesuai dengan indiksai 18 nilai pendidikan karakter di dalam Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional 2011.


Keywords


Integrasi, Ilmu Pengetahuan Sosial, mahasiswa, 18 nilai pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Damayanti Deni, (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Araska.

Hartaji, (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Kementerian Pendidikan Nasional, (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan. Pusat Kurikulum dan Pebukuan.

Lickona dan Thomas, (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona dan Thomas, (2004). Educating for Character. New York: Somon and Schutter.

Lickona dan Thomas, (2015). Character Matters; Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nucci, Larry P. Dan Darcia Narvaez, (2008). Handbook of Moral and Character Education, New York: Routledge.

Ramli dan Bakar, (2018). The influence of professional teachers on Padang vocational school students’ achievement. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(1), 67–72. doi:10.1016/j.kjss.2017.12.017.

Rosa Susanti, (2013). Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013, hlm. 480-487.

Wibowo, A., (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulnuraini. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi Dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu. Jurnal DIKDAS, No.1, Vol.1, September 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.