PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN HAL-HAL MENARIK DARI DONGENG PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Dian Puspita, Leni Anggraeni

Abstract


Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia selama ini, guru masih sering menggunakan metode ceramah atau penugasan saja. Dimana guru lebih memfokuskan diri pada upaya pengalihan pengetahuan ke dalam kepala siswa tanpa memperhatikan bahwa ketika siswa memasuki kelas, siswa mempunyai bekal kemampuan dan pengetahuan yang tidak sama. Siswa ditempatkan sebagai obyek sehingga siswa menjadi pasif dan tenggelam dalam kondisi belajar yang kurang merangsang aktivitas belajar yang optimal. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang menjadikan siswa berfikir aktif, kritis, dan menjadikan siswa sebagai subyek bukan sebagai obyek. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menemukan hal-hal menarik dari dongeng. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII semester I SMP Negeri 1 Pringsewu yang terdiri atas lima kelas yang berjumlah 198. Pengambilan sampel dilakukan dengan tatis cluster random sampling. Kelas VII.1 (kelas eksperimen) dan kelas VII.2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan berupa tes yang berbentuk soal uraian. Untuk analisis data dilakukan uji sampel menggunakan rumus uji beda untuk mengetahui keadaan awal antara kelas eksperimen dan kontrol. Setelah adanya perlakuan diantara kedua kelas tersebut, selanjutnya dilakukan uji statistik t-tes. Dari hasil analisis data menggunakan uji t-tes sampel berpasangan diperoleh nilai       sebesar 1,917.  Jika dibandingkan dengan nilai t pada dk=n-2 maka akan diketahui t sebesar 1,917, lebih besar dari pada nilai t sebesar 1,671 atau 1,917 > 1,671. Hal ini menunjukkan adanya perlakuan pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menemukan hal-hal menarik dari dongeng.


Keywords


Model Pembelajaran, CIRC, SMPN 1 Pringsewu, Siswa

Full Text:

PDF

References


Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan Nurgiyantoro. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Djames Danandjaja. 2002. Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kamus Umum Bahasa Indonesia edisi ke tiga. (2006). Jakarta: Balai Pustaka

Kokom Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Slavin, RE. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun. 2008. Panduan Penelitian Skripsi dan Makalah. Program STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Predana Media.

Martinis Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

http://nurkhosun.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-coperative.html/ [17 Mei 2011].

http://sanggarseo.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-unsur-intrinsik-dongeng.html [28 Mei 2011].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.